Kamis, 24 Mei 2012

Aplikasi Gerak Harmonik


    1.      SHOCK ABSORBER PADA MOBIL


      Peredam kejut (shockabsorber) pada mobil memiliki komponen pada bidang atasnya terhubung dengan piston dan dipasangkan dengan rangka kendaraan. Bagian bawahnya terpasang dengan silinder bagian bawah yang dipasangkan dengan as roda. Fluida kental menyebabkan gaya redaman yang bergantung pada kecepatan relatif dari kedua ujung unit tersebut. Hal ini membantu untuk mengendalikan guncangan pada roda.


     2.   JAM MEKANIK

Add caption
    Pada roda keseimbangan dari suatu jam mekanik memiliki komponen pegas. Pegas akan memberikan suatu torsi pemulih yang sebanding dengan perpindahan sudut dan posisi kesetimbangan. Gerak ini dinamakan gerak harmonik sederhana sudut (angular).







     
     3.  GARPU TALA

    Garpu tala dengan ukuran yang berbeda menghasilkan bunyi dengan pola titinada yang berbeda. Makin kecil massa m pada gigi garpu tala, makin tinggi frekuensi osilasi dan makin tinggi pola titinada dari bunyi yang di hasilkan garpu tala.
 
    


  
     4.   JAM KAKEK ATAU JAM BANDUL

    Jam bandul mempunyai bandul yang terus bergerak  ke kiri dan ke kanan jam ini mempunyai rantai-rantai dengan beban yang harus ditarik tiap beberapa hari. Saat jarum jam panjang menunjukkan angka 12, bila-bila pada jam ini akan menghsilkna deting suara yang merdu.

      Ada dua jenis jam badul. Jenis pertama menggunakan tenaga yang berasal dari gerak rantai dan beban. Jenis kedua menggunakan enaga pegas. Baik jam pegas atau jam rantai memiliki mekanisme pemutar. Pada bagian pemutar ini terdapat roda-roda gigi yang saling bertautan. Diantaranya roda gigi penunjuk detik, menit, dan jam. Tidak ketinggalan ula roda-roda gigi untuk bilah-bilah pada penunjuk waktu. Pada jambandul yang punya fasilitas lengkap, terdapat juga roda gigi penunjuk hari dan bulan.
            
     Karena tidak menggunakan baterai, jam bandul bekerja dengan memanfaatkan tenaga gravitasi atau pegas. Bandul memiliki peranan penting. Poros bandul ini tekait dengan bagian yang berfungsi menggerakkan roda gigi penunjuk detik, menit, jam, dan seterusnya. Tanpa adanya gerakan bandul, jam tidak dapat menunjukkan waktu dengan benar. Apabila bila bandul atau pendulum berhenti bergerak, otomatis jam bandul akan mati. Itu sebabnya, sebelum bandul berhenti, rantai beban harus di tarik keposisi semula. Garakan rantai akibat gravitasi akan memutar roda utama yang selanjutnya menggerakkan bandul dan memutar roda gigi.
                                   



          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar