1.
SHOCK ABSORBER
PADA MOBIL
Peredam
kejut (shockabsorber) pada mobil memiliki komponen pada bidang atasnya
terhubung dengan piston dan dipasangkan dengan rangka kendaraan. Bagian
bawahnya terpasang dengan silinder bagian bawah yang dipasangkan dengan as
roda. Fluida kental menyebabkan gaya redaman yang bergantung pada kecepatan
relatif dari kedua ujung unit tersebut. Hal ini membantu untuk mengendalikan
guncangan pada roda.
2. JAM
MEKANIK
Add caption |
Pada
roda keseimbangan dari suatu jam mekanik memiliki komponen pegas. Pegas akan
memberikan suatu torsi pemulih yang sebanding dengan perpindahan sudut dan
posisi kesetimbangan. Gerak ini dinamakan gerak harmonik sederhana sudut
(angular).
3. GARPU
TALA
Garpu
tala dengan ukuran yang berbeda menghasilkan bunyi dengan pola titinada yang
berbeda. Makin kecil massa m pada gigi garpu tala, makin tinggi frekuensi
osilasi dan makin tinggi pola titinada dari bunyi yang di hasilkan garpu tala.
4. JAM
KAKEK ATAU JAM BANDUL
Jam bandul mempunyai bandul yang terus bergerak ke kiri dan ke kanan jam ini mempunyai
rantai-rantai dengan beban yang harus ditarik tiap beberapa hari. Saat jarum
jam panjang menunjukkan angka 12, bila-bila pada jam ini akan menghsilkna
deting suara yang merdu.
Ada dua jenis jam badul. Jenis pertama menggunakan tenaga
yang berasal dari gerak rantai dan beban. Jenis kedua menggunakan enaga pegas. Baik jam pegas atau jam rantai memiliki
mekanisme pemutar. Pada bagian pemutar ini terdapat roda-roda gigi yang saling
bertautan. Diantaranya roda gigi penunjuk detik, menit, dan jam. Tidak
ketinggalan ula roda-roda gigi untuk bilah-bilah pada penunjuk waktu. Pada
jambandul yang punya fasilitas lengkap, terdapat juga roda gigi penunjuk hari
dan bulan.
Karena tidak menggunakan baterai, jam bandul bekerja
dengan memanfaatkan tenaga gravitasi atau pegas. Bandul memiliki peranan
penting. Poros bandul ini tekait dengan bagian yang berfungsi menggerakkan roda
gigi penunjuk detik, menit, jam, dan seterusnya. Tanpa adanya gerakan bandul,
jam tidak dapat menunjukkan waktu dengan benar. Apabila bila bandul atau
pendulum berhenti bergerak, otomatis jam bandul akan mati. Itu sebabnya,
sebelum bandul berhenti, rantai beban harus di tarik keposisi semula. Garakan
rantai akibat gravitasi akan memutar roda utama yang
selanjutnya menggerakkan bandul dan memutar roda gigi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar